Selasa, 22 November 2011

Arti sebuah nama sebuah cerita dari “ Eka Poenya Iede”


Nama lengkap ku adalah Qadariah Eka Hidayat terkadang teman-teman sekeliling ku memanggil ku “eka” walau mungkin terkadang di antara mereka ada yang memanggil sebutan lain untuk ku, berbagai panggilan pun pernah aku terima walau ada yang kurang menyenangkan. Ketika ku mulai menginjakkan kaki pada sekolah menengah pertama teman-teman ku ada yang memanggil ku dengan sebutan eka, qadariah, bahkan hewan yang terdengar geli di telinga ku pun sempat mampir yaitu kodok. Aku hanya menyelesaikan di sekolahan itu sampai di tahun pertama, 2 tahun berikut nya aku mulai menginjakkan kaki pada sekolahan ku yang baru di sekitar pandeglang tepatnya di daerah kadomas. Mula nya aku hanya dipanggil dengan sebutan eka, waktu pun terus berputar lambat laun aku pun mulai beradaptasi kembali dengan lingkungan sekolahan ku yang baru. Di antara teman-teman ku ada beberapa orang yang memanggil ku dengan sebutan “mancung”, ya mungkin itu semua dikarenakan salah satu bagian wajahku tepat nya aku memiliki hidung mancung kali ya heheheheheh…
Lalu aku pun kembali ke Bogor untuk melanjutkan sekolah ku pada tingkatan menengah atas yang berlokasi sangat strategis di pusat kota Bogor. Aku menghabiskan 3 tahun di sekolahan ku itu dan teman-teman sekitar ku memanggil ku pun ada dengan sebutan yang lain diantaranya eka, po leha, cute.. mungkin panggilan “po leha” itu hanya di khususkan untuk ku ketika ku mengikuti ekstrakulikuler drumband ya itu pun hanya tidak semua orang yang berada dalam ekskul memanggil ku dengan sebutan itu. Panggilan lain yang sempat ku terima selain dari nama panggilan ku yang sebenarnya ada juga yang memanggil ku dengan sebutan “cute”, mungkin panggilan itu hanya dilontarkan oleh salah satu sahabat ku ketika aku mengenalnya pada awal tahun ketiga. Kemungkinan  sahabat ku memanggil ku demikian mungkin karena aku sering menuliskan kalimat “eka_cute” pada setiap coretan-coretan kertas … hehehehehe
Waktu terus berputar hingga saat nya aku di perkenalkan secara tak sengaja dengan kaum adam di sekitar rumah salah satu sahabat baik ku. Kalo aku harus menceritakan nya dari awal dia melihat ku hingga aku pun mengenal nya terlalu panjang tulisan yang akan ku tuangkan dalam catatan dunia maya yang ku miliki ini, mungkin untuk saat ini cukup lah cerita itu mempunyai arti tersendiri dalam kehidupan ku.
Entah dari mana asal mula nama yang ku cantumkan pada salah satu account dunia maya yang ku miliki saat ini yaitu “ Eka Poenya Iede”, sebelum mencantumkan nama itu aku pun pernah beberapa kali mencantumkan nama lain diantaranya, Eka Poenya, Eka Poenya HaIe. Mungkin hanya itu yang ku ingat, sebetulnya nama Eka Poenya Iede dan Eka Poenya HaIe itu memiliki arti yang hampir sama. Pernah seketika salah satu teman dalam dunia maya ku bertanya,
“Poenya HaIe itu nama singkatan orang atau apa de” Tanya si kakak
“Poenya HaIe itu artinya Eka Punya Hotel Indonesia kak”. Jawab ku seraya tersenyum.
Eka Poenya HaIe, aku hanya tersenyum membaca kata HaIe yang ku cantumkan itu setelah kakak kelas ku bertanya, nama HaIe yang ku beri itu hanya sekilas ketika ku mengingat akan sosok kaum adam itu, huruf H itu aku ambil dari nama belakang ku Hidayat, sedangkan huruf I nya aku ambil dari nama belakang kaum adam tersebut yaitu Iskandar. Jadi nama Eka Poenya HaIe itu bila di artikan secara real nya ya Eka Punya Hidayat Iskandar…. Heheheheh ( Buat kamu yang memiliki nama belakang Iskandar jangan manyun yua) ^_^
“Maaf ya kakak.” Ucapku dalam hati ketika kakak kelas ku bertanya hal tersebut.
Tak pelak nama Eka Poenya IeDe pernah mendapatkan pertanyaan yang sama, bahkan ada yang bertanya,
“ Namanya siapa, eka atau ide.?” Pertanyaan dari seberang sana ketika aku online
“eka” jawab ku atas pertanyaan itu
Eka Poenya IeDe…  mungkin ada sebagian orang yang mempunyai anggapan kalau Iede yang ku cantumkan itu adalah sebuah gagasan, pemikiran, kekreatifan dan lain sebagainya. Ya aku pun pernah memberikan alasan yang demikian ketika ada pertanyaan yang pernah terlontar seperti kakak kelas ku tempo lalu yang mungkin bisa di artikan Eka Punya gagasan yang luar biasa dan lain sebagainya.
Walau mungkin pernah juga ada yang menyapa ku dengan kalimat,
“eka punya ide apa”? pertanyaan dari seberang sana ketika aku online
“ apa aja “ jawab ku
Eka Poenya Iede, aku mulai berfikir kalo aku harus segera melepaskan nama IeDe yang ku cantumkan dalam account dunia maya yang ku miliki itu walau pun sebenarnya nama itu bagi ku mempunyai arti tersendiri. Mungkin aku pernah mengatakan kalo nama IeDe yang ku cantumkan itu adalah nama seseorang yang memang pernah mengisi hari-hari ku walau dalam waktu yang teramat singkat tapi bagi ku kehilangan dia dalam artian dirinya tak pernah mengisi hari-hari ku lagi adalah sebuah kenangan yang membuatku terkadang tersenyum ketika bagaimana aku mengingat akan hal yang berkaitan dengan dirinya. Ya kehilangan dia walau dengan cara yang mungkin kurang baik membuat ku sedikit belajar walau banyak airmata yang menetes mengiringi kepergian dia dalam hari-hari ku.
IeDe yang ku cantumkan dalam account dunia maya itu mempunyai arti “Dody Iskandar”, ya dia lah sosok kaum adam yang cukup membuat dunia ku seperti mati segan hidup pun tak mau heheheheh… ya itu telah berlalu tapi kini sosok itu hanya tinggal kenangan walau mungkin dalam waktu yang tak disengaja aku bertemu bahkan mungkin bertegur sapa dengan dirinya. Semua bentuk kekecewaan ku terhadap sosok itu pun pernah aku tuangkan dalam account dunia maya yang ku miliki. Bahkan mungkin ketika aku telah memiliki seseorang yang memang telah mengisi tempat dihati ku nama itu pun masih aku cantumkan, tapi ketika itu nama yang masih ku cantumkan adalah tinggal nama dan sosok orang yang berada disampingku saat itu tetap lah orang yang harus ku hargai dan ku jaga hati serta perasaan nya dan aku pun menyayangi sosok yang mendampingi ku saat itu.
Jadi bila diartikan secara nyata Eka Poenya Iede itu artinya Eka Poenya Dody Iskandar, heheheheeheh ( buat kamu pemilik nama itu MAAF ya dah nyantumin nama nya tanpa permisi jangan marah…hehehehe )
Kini nama IeDe itu tak akan ku cantumkan dalam account dunia maya ku lagi, dan mungkin itulah arti sebuah nama sebuah cerita dari Eka Poenya Iede. Kini tak akan pernah lagi ku mendengar dari seberang sana bertanya akan pertanyaan yang berkaitan dengan IeDe yang ku cantumkan itu ntah apa pun bentuk pertanyaan itu dari seberang sana dalam dunia maya ku. Aku lepas kan nama yang ku cantumkan dalam account dunia maya yang ku miliki dengan senyuman yang ku miliki saat aku menuliskan catatan ini. Ku ucap MAAF dan TERIMA KASIH atas nama IeDe itu.

Bogor, 22 November 2011
Eka_cute





Tidak ada komentar:

Poskan Komentar